4 Cara Menghilangkan Lumut pada Selang Air

Cari Artikel Gratis di sini

4 Cara Menghilangkan Lumut pada Selang Air

4 Cara Menghilangkan Lumut pada Selang Air - Kita sering memperhatikan selang air yang sudah lama dipakai, di bagian dalamnya ditumbuhi lumut yang mengganggu tampilan dan kebersihan air yang keluar.


Namun, Anda tak perlu khawatir, lumut-lumut yang ada di dalam selang juga dapat dibersihkan.


Setelah bertahun-tahun dipakai dan sobek, selang taman lama Anda bisa tertutup jamur, lumur, dan kotoran sehingga Anda takut menggunakannya. Dalam beberapa kasus, segera setelah musim hujan yang panjang, selang karet taman Anda dapat tertutup lumut dan kotoran, daripada memilih untuk membeli yang baru mengapa tidak membersihkan selang air yang Anda miliki.


4 Cara Menghilangkan Lumut pada Selang Air


Kami tidak berbicara tentang kebocoran di sini, kami berbicara tentang pipa selang yang tidak lancar karena tersumbat kotoran, jadi solusi terbaik yang harus diambil adalah membersihkannya. Pertanyaan yang tepat yang harus Anda tanyakan adalah, bagaimana Anda membersihkan selang air dengan benar?


Selang taman karet jauh lebih mudah dibersihkan daripada selang taman yang dapat diperluas karena selang taman yang dapat diperluas hanya akan mengembang jika ada banyak air di dalamnya. Selang taman yang tidak seluruhnya terbuat dari karet sangat sulit bahkan tidak mungkin untuk dibersihkan.


Membersihkan selang taman Anda secara teratur adalah cara yang sangat efektif untuk memastikan bahwa Anda dan keluarga Anda tetap aman dari bakteri berbahaya. Godaan untuk memasukkan selang ke dalam mulut Anda dan menghilangkan dahaga dari terik matahari terkadang bisa membuat Anda kewalahan. Tindakan ini saja mampu memasukkan bakteri berbahaya ke sistem tubuh Anda.


Kondisi lingkungan selang selama penyimpanan (bulan atau periode dormansi) tidak pasti, sehingga sulit untuk mengetahui apakah selang tersebut cukup bersih untuk air minum. Karena penyimpanan, selang Anda dapat terkena beberapa hal berikut:


  • Bakteri berbahaya masuk dari dalam tanah
  • Jamur
  • Pupuk dan berbagai kontaminan
  • Anak-anak sering minum dari selang taman jika mereka melihatnya sebelum masuk ke dalam rumah untuk minum. Untuk memastikan Anda menjaga hewan peliharaan dan keluarga Anda aman, pelajari cara membersihkan selang taman Anda.

4 Tips Cara Menghilangkan Lumut pada Selang Air


Berikut ini cara membersihkan lumut dari selang air:


Membersihkan Selang dengan Pemutih


Cara terbaik untuk menghilangkan kotoran dan kuman agar aman untuk diminum adalah dengan mencelupkannya semalaman ke dalam larutan pemutih dan air. Untuk melakukan ini:


  1. Tambahkan sekitar cangkir pemutih ke seember air. Celupkan selang ke dalam larutan dan berhati-hatilah agar larutan tidak mengenai kulit atau pakaian Anda.
  2. Biarkan selang terendam di dalam larutan selama sekitar delapan jam untuk menyerap kuman, serangga, dan kotoran yang mungkin menumpuk seiring waktu.
  3. Setelah periode 8 jam berlalu, ambil selang dari larutan dan rendam dalam ember lain yang hanya berisi air (selama 1 jam). Sekarang hubungkan selang ke keran air, buka dan biarkan air mengalir melaluinya, hal ini secara efektif membersihkan bagian dalam.
  4. Biarkan air bersih dan jernih mengalir melalui selang selama beberapa menit untuk menghilangkan kuman dan residu pemutih secara memadai. Saya tidak bisa terlalu menekankan betapa pentingnya membilas selang dengan air bersih untuk menghilangkan larutan kimia.

*Perhatian*: Jangan menuangkan larutan kimia ke halaman atau rumput Anda karena akan membunuh kehidupan tanaman. Hindari menempatkan larutan bak kimia di area di mana anak-anak atau hewan peliharaan bermain.


4 Cara Menghilangkan Lumut pada Selang Air


Membersihkan selang lama dengan Cuka


Jika Anda tidak nyaman menggunakan pemutih, pilihlah cuka. Meskipun cuka memiliki bau yang jauh lebih kuat, bau ini hilang setelah dibilas untuk meninggalkan produk selang bersih yang tidak berbau dan bebas dari kuman dan bakteri. Berikut adalah cara menggunakan cuka:


  1. Gunakan ember lima hingga 10 galon untuk mengisi wadah dengan air.
  2. Kemudian tuangkan sekitar setengah galon cuka putih suling ke dalam wadah.
  3. Seperti yang kita lakukan untuk proses pembersihan pemutih, rendam selang dalam larutan cuka selama sekitar delapan jam.
  4. Setelah Anda merendam selang dalam larutan cuka selama delapan jam, bilas dengan air bersih dengan melewatkan air selama sekitar 30 menit.

Cuka adalah produk makanan dan juga desinfektan alami, sehingga sisa makanan akan aman untuk dikonsumsi, tidak seperti pemutih. Biasakan menyeka ujung pipa selang Anda dengan cuka setiap minggu.


Membersihkan dengan Batang Kayu


Selain dengan batang kayu, bisa juga menggunakan benda lain yang cukup padat dan kuat. Ushakan menggunakan benda yang tidak mempunyai sisi tajam agar tidak merusak selang.


  1. Jemur selang air di terik matahari hingga lebih lentur.
  2. Siapkan sebatang kayu yang ujungnya diselimuti kain.
  3. Pukul-pukul selang pada bagian yang berlumut dengan kayu yang dilapis kain tersebut.
  4. Pasang selang pada keran lalu alirkan air dengan deras.

Nah, kini lumut yang ada di dalam selang telah terlepas, keluar bersama aliran air. Mudah, kan?


Perawatan Selang dengan Minyak Atsiri


Minyak pohon teh adalah jenis minyak esensial yang dapat digunakan untuk membersihkan atau merawat pipa selang. Untuk menggunakannya, tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke kain bersih sebelum menyeka bagian dalam dan luar pipa selang.


Biarkan selang atas istirahat selama sekitar 10 menit sebelum Anda bilas dengan air.


Sistem ini sangat bagus untuk pemeliharaan saja. Ikuti prosedur pemutih dan cuka yang diilustrasikan di atas untuk pembersihan yang lebih menyeluruh. Anda bisa mendapatkan minyak esensial dari hampir semua toko makanan organik atau kesehatan.


Load comments