12 Alternatif Pengganti Tepung Gandum dan Tepung Terigu

Cari Artikel Gratis di sini

12 Alternatif Pengganti Tepung Gandum dan Tepung Terigu

10 Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu - Gandum telah menjadi biji-bijian pokok yang paling penting selama ribuan tahun. Ini digunakan dalam berbagai produk, dan yang paling populer adalah tepung.


Gandum paling cocok untuk pembuatan roti dan produk panggang lainnya, karena kandungan glutennya yang tinggi. Gluten memberikan elastisitas dan kekuatan tepung terigu, sehingga cocok untuk memanggang.


Namun, banyak orang alergi atau tidak toleran terhadap gluten, yang dapat menyebabkan alergi gandum atau penyakit celiac.


12 Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu


Alergi gandum menghasilkan respons sistem kekebalan langsung terhadap protein yang ditemukan dalam gandum, yang dapat menyebabkan gejala seperti gangguan pencernaan kronis, infeksi, asma, eksim, jerawat, nyeri sendi, kelelahan, dan migrain.


Di sisi lain, penyakit celiac adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh mengira gluten sebagai alergen dan menyebabkan gejala seperti nafsu makan menurun, diare kronis, sembelit kronis, muntah, kelelahan dan lekas marah.


Orang yang menderita alergi gandum atau penyakit celiac harus mengikuti diet bebas gluten dan menghindari gandum dalam bentuk apa pun.


Untungnya, ada banyak alternatif gandum yang dapat Anda masukkan dengan mudah ke dalam diet Anda.


Porsi mentega dalam pembuatan kue bisa diganti dengan saus apel atau yogurt, jika bahan tersebut tidak ada. Nah, kalau tepung gandum dan tepung terigu yang tidak ada, bahan apa saja yang bisa menggantikan posisinya dalam adonan? Berikut ini 10 bahan pengganti tepung terigu yang bisa dipilih:


10 Bahan Alternatif Pengganti Tepung Terigu


Berikut adalah 10 alternatif teratas untuk pengganti tepung gandum dan tepung terigu.


1. Tepung Quinoa


Alternatif gandum lainnya adalah quinoa, sereal semu, yang berarti biji yang disiapkan dan dikonsumsi seperti biji-bijian. Karena bebas gluten, dapat dinikmati oleh orang-orang yang sensitif terhadap gluten atau gandum.


Tepung Quinoa - Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu


Quinoa murni aman untuk penderita penyakit celiac dan sensitivitas gluten non-celiac.


Quinoa adalah sumber protein lengkap, karena mengandung semua asam amino esensial. Beberapa vitamin dan mineral penting lainnya dalam quinoa adalah mangan, fosfor, tembaga, folat, zat besi, magnesium, dan seng.


Quinoa memiliki tekstur renyah dan rasa kacang yang membuatnya sangat populer di kalangan anak-anak dan orang dewasa.


Quinoa perlu direbus, kemudian bisa dikonsumsi sebagai lauk atau bubur sarapan. Quinoa rebus juga bisa ditambahkan ke salad atau sup. Anda bahkan dapat menggiling bijinya untuk membuat tepung quinoa.


Tepung quinoa dibuat dari biji kinoa atau quinoa. Quinoa disebut serealia semu karena bijinya bukan dihasilkan dari tumbuhan suku padi-padian.


Biji kinoa mengandung karbohidrat dan protein asam amino esensial tinggi, selain itu kaya sejumlah kalsium, fosfor, dan zat besi.


Setelah menjadi tepung pun kandungan nutrisi tersebut tetap terjaga. Sebelum diolah menjadi tepung, biji quinoa dikeringkan dahulu untuk menghilangkan kadar saponin yang dapat membuat rasa tepung menjadi pahit. Tepung quinoa sangat fleksibel diolah menjadi hidangan. Mulai dari appetizer, menu utama hingga dessert.


2. Tepung Soba


Soba adalah benih lain yang secara keliru dianggap sebagai biji-bijian dan memiliki rasa pedas dan bersahaja.


Karena soba bukanlah biji-bijian atau terkait dengan gandum, itu bebas gluten dan dapat dikonsumsi dengan aman oleh orang-orang dengan penyakit celiac dan kepekaan gluten.


Tepung Soba - Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu


Tinggi serat dan protein, soba juga kaya akan zat besi, seng, mangan, magnesium, fosfor, dan tembaga. Ini juga merupakan sumber yang baik dari beberapa vitamin B seperti B6, asam pantotenat, niasin, folat, thiamin dan kolin.


Karena biji soba dikemas dengan antioksidan seperti rutin, tanin dan katekin, mereka sering disebut makanan.


Soba mudah dimasukkan dalam rencana diet Anda. Itu datang dalam bentuk menir, biji-bijian, mie dan tepung. Menir dapat digunakan untuk membuat sereal panas atau dingin. Dalam bentuk mie, dapat digunakan dalam sup dan tumis. Tepung soba dapat digunakan untuk membuat muffin, kue kering, roti, dan makanan ringan lainnya.


Jika Anda sensitif atau alergi terhadap gluten, maka ini adalah tepung untuk Anda. Tepung buckwheat dipenuhi dengan kandungan nutrisi yang berlimpah, kaya rasa dan serat. Tepung ini cocok untuk olahan makanan berasa gurih hingga pedas, karena pada dasarnya tepung ini memiliki rasa sedikit pedas. Tortilla, pita bread, canai, campati, aneka pasta dan pizza base cocok menggunakan tepung ini sebagai bahan dasar.


3. Tepung Jawawut (Millet)


Memiliki rasa manis dan pedas, jawawut atau millet dianggap sebagai salah satu biji-bijian paling non-alergi yang tersedia. Ini adalah salah satu dari sedikit biji-bijian yang bersifat alkali bagi tubuh, yang membuatnya mudah dicerna.


Tepung Jawawut (Millet) - Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu


Biji seperti biji-bijian bebas gluten ini penuh dengan nutrisi seperti magnesium, kalsium, mangan, triptofan, fosfor, serat, dan beberapa vitamin B. Mereka juga memiliki kekuatan antioksidan.


Anda bisa membuat bubur sarapan dengan millet matang dan menambahkan kacang dan buah-buahan favorit Anda sebagai topping sehat. Anda juga bisa menambahkan millet ke salad dan sup.


Teksturnya yang seperti beras merah menjadikannya bahan yang sempurna untuk digunakan dalam pilaf, casserole, dan sebagian besar hidangan Asia. Millet giling juga dapat digunakan dalam resep roti, biskuit, dan muffin sebagai pengganti tepung halus.


4. Tepung biji bayam (Amaranth)


Amaranth adalah benih populer lainnya yang dapat dimasukkan dalam daftar biji-bijian bebas gluten. Dibudidayakan oleh suku Aztec 8.000 tahun yang lalu, itu adalah makanan pokok suku Aztec dan Maya.


Amaranth merupakan makanan berprotein lengkap dan tinggi serat, sehingga mengenyangkan dan baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Ini juga merupakan sumber yang baik dari banyak vitamin esensial, termasuk A, C, E, K, B5, B6, folat, niasin, dan riboflavin.


Tepung biji bayam (Amaranth) - Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu


Selain itu, mengandung kalsium, magnesium, tembaga, seng, kalium dan fosfor.


Plus, ia bekerja sebagai antioksidan kuat, anti-inflamasi dan agen penambah kekebalan.


Tekstur dan rasa bayam yang ringan, seperti kacang atau pedas, membuatnya menjadi biji-bijian yang sempurna untuk membuat camilan sehat. Tepungnya dapat digunakan untuk mengentalkan sup, saus, semur, dan bahkan jeli.


5. Tepung Oatmeal


Oat adalah salah satu biji-bijian yang paling populer di seluruh dunia, dan untuk alasan yang baik. Mereka dianggap aman bagi mereka yang alergi gluten dan merupakan alternatif yang bagus untuk gandum.


Oat adalah sumber serat dan nutrisi yang baik seperti zat besi, magnesium, potasium, selenium, folat, dan bahkan protein nabati. Mereka juga memiliki sejumlah kecil lemak esensial. Selain itu, mereka mengandung fitonutrien dan antioksidan kuat yang baik untuk kesehatan Anda.


Tepung Oatmeal - Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu


Karena beberapa merek oatmeal di pasaran saat ini mengandung sedikit gandum, barley, dan rye, Anda harus memeriksa labelnya secara menyeluruh sebelum membelinya.


Oatmeal biasanya dimakan untuk sarapan, tetapi bisa dinikmati kapan saja. Anda dapat menambahkan madu, sirup maple, kayu manis, pala, mentega, gula merah, nektar agave, vanila atau tetes tebu untuk menambah rasa dan manfaat kesehatan.


Tepung oat terbuat dari biji oatmeal. Tepung ini menawarkan nutrisi, lebih banyak protein dan lemak sehat bagi yang mengonsumsi. Tepung oat juga rendah karbohidrat. Teksturnya agak kasar dan tebal, memiliki rasa manis alami. Cocok untuk kue, dessert dan pasta.


Anda juga dapat menemukan tepung oat di pasaran, yang memiliki manfaat nutrisi yang sama dengan oat. Saat memasak dengan tepung gandum, ingatlah bahwa itu membutuhkan tepung dan pati lain untuk membuat resep.


6. Tepung Singkong


Tepung bebas gluten yang terbuat dari singkong (juga dikenal sebagai yuca atau ubi kayu) ini berfungsi sebagai pengganti tepung terigu yang cukup mirip. Itu dibuat dengan memarut dan mengeringkan akar singkong yang berserat.


Tepung Singkon - Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu


Tepung singkong kaya akan serat dan protein. Ini juga memiliki vitamin B6, C dan K, mangan, kalium, folat, tiamin, magnesium, tembaga, niasin, riboflavin, fosfor dan seng.


Ini memiliki tekstur yang bagus, halus dan rasa ringan yang membuatnya sangat serbaguna untuk digunakan dalam berbagai resep.


Tepung singkong berfungsi sebagai pengental yang bagus untuk saus, saus, sup, dan sebagainya. Anda juga bisa menggunakan tepung ini dalam jumlah kecil bersama dengan tepung lainnya dalam memanggang. Pati yang diekstraksi dari akar singkong, yang disebut tapioka, juga berfungsi sebagai alternatif yang bagus untuk gandum.


7. Tepung Kelapa


Jika Anda mencari pengganti tepung halus yang sehat untuk digunakan dalam memanggang, tepung kelapa adalah pilihan yang sempurna.


Tepung kelapa terbuat dari daging buah kelapa segar. Daging kelapa akan giling hingga lembut kemudian dikeringkan menggunakan alat. Dibandingkan tepung lainnya, tepung kelapa paling tinggi serat alami.


Kandungan karbohidrat dalam tepung kelapa adalah karbohidrat rendah kalori yang mudah dicerna oleh usus. Lemak dalam tepung kelapa adalah lemak jenuh yang aman tahan panas dan tidak beracun bagi tubuh. Tepung kelapa memiliki rasa manis dengan aroma wangi. Cocok untuk beragam kue, cake, roti dan dessert.


Tepung Kelapa - Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu


Tepung ini sangat baik untuk orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas gluten. Tepungnya berasal dari parutan daging kelapa segar, yang kemudian dikeringkan dan dihilangkan lemaknya. Hasil akhirnya adalah bubuk halus yang terlihat dan terasa mirip dengan tepung gandum atau biji-bijian.


Tepung kelapa merupakan sumber serat, protein, mangan, kalsium, selenium, fosfor, dan potasium. Ini juga mengandung vitamin, termasuk vitamin B6 dan C, folat dan niasin.


Selain itu, tepung ini memiliki manfaat sifat anti inflamasi, antioksidan, antibakteri dan antijamur.


Anda dapat menggunakan tepung kelapa sebagai pengganti tepung terigu dalam semua jenis resep — mulai dari roti, muffin, hingga kue kering. Ini juga dapat digunakan untuk membuat pizza bebas biji-bijian buatan sendiri.


8. Tepung Almond


Jika Anda menggunakan tepung terigu untuk memanggang, salah satu alternatif terbaik adalah tepung almond.


Tepung ini, terbuat dari kacang almond yang digiling sangat halus, dapat digunakan untuk membuat kue, biskuit, muffin, roti, dan sebagainya.

Ini juga dapat digunakan sebagai breading untuk makanan yang digoreng atau dipanggang.


Tepung Almond - Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu


Tepung almond memiliki semua manfaat dari segenggam almond. Tepung ini bebas gluten, rendah karbohidrat, tinggi serat, dan sumber protein tinggi. Ini juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk zat besi, riboflavin, magnesium, potasium, kalsium dan vitamin E.


Anda dapat menemukan tepung ini dalam versi pucat dan alami, dan Anda dapat menggunakan salah satunya tergantung pada kebutuhan Anda. Namun, karena kandungan asam lemaknya, ia memiliki umur simpan yang pendek. Jadi, disarankan untuk menggiling almond Anda sendiri dalam food processor sesaat sebelum digunakan.


9. Tepung Beras Merah


Tepung beras merah aman untuk orang yang menderita penyakit celiac. Ini digiling dari beras merah mentah, sehingga memiliki nilai gizi yang lebih tinggi.


Tepung ini adalah sumber serat yang luar biasa dan sumber karbohidrat yang sehat. Ini juga tinggi protein, zat besi dan vitamin B. Plus, kaya akan mangan, magnesium, fosfor, tembaga, kalsium dan potasium.


Tepung Beras Merah - Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu


Ini memiliki rasa yang lebih pedas dan lebih berat daripada tepung beras putih yang relatif. Dapat digunakan untuk membuat kue dan cookies. Ini juga bekerja dengan baik dalam resep roti. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengentalkan saus atau untuk melapisi ikan dan protein lainnya.


Tepung ini terbuat dari beras cokelat. Tepung beras cokelat adalah tepung bebas gluten yang unik, karena mengandung gabungan nutrisi, vitamin serta aroma yang wangi.


Selain itu tampilan tepungnya juga menarik. Sehingga saat menjadi penganan akan menghasilkan tampilan yang menarik. Selain itu tepung beras merah merupakan sumber serat dan biji-bijian yang baik untuk tubuh, sekaligus dapat menjadi alternative pengganti karbohidrat yang sehat.


10. Tepung Jagung


Jagung, baik dikonsumsi sebagai tepung jagung atau tepung, bebas gluten. Tepung jagung dan cornmeal keduanya terbuat dari biji jagung kering.


Tepung jagung polenta merupakan sumber karbohidrat sehat serta serat. Mereka juga kaya akan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang meningkatkan kesehatan, terutama untuk mata Anda.


Tepung Jagung - Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu


Dalam hal memanggang, tepung jagung memberi rasa manis dan kasar pada makanan yang dipanggang. Tepungnya juga bisa dibuat polenta dan bubur, dan digunakan sebagai breading.


Ini juga bekerja dengan baik untuk mengentalkan cairan dan saus.


Saat membeli tepung jagung atau tepung polenta, periksa labelnya secara menyeluruh. Pilih varietas organik dan hindari jagung transgenik.


Ada beberapa alternatif lain untuk gandum dan tepung terigu termasuk sorgum, tepung sorgum, tepung buncis, tepung kedelai, tepung rami, tepung chia, tepung kentang, dan tepung kentang.


11. Tepung Maizena


Tepung maizena dibuat dari endapan air perasan tepung jagung, sedangkan tepung jagung terbuat dari biji jagung yang dihaluskan dengan cara digiling.


Tepung jagung mengandung gluten sedangkan tepung maizena bebas gluten, itulah sebabnya tepung maizena adalah pilihan populer untuk memanggang bebas gluten.


Tepung Maizena - 12 Alternatif Pengganti Tepung Gandum dan Tepung Terigu


Karena kurangnya gluten dalam tepung maizena, ia memiliki kekuatan pengental dua kali lipat dari tepung jaung polenta.


Untuk pengental, saus berbasis susu tepung maizena lebih disukai daripada tepung jagung.


Tepung jagung harus dicampur dengan cairan dingin sedangkan tepung jagung harus dicampur dengan cairan panas untuk mencegah gumpalan terbentuk di piring.


12. Tepung Gluten


Tepung gluten paling tinggi kandungan proteinnya dibanding semua jenis tepung. Komposisi proteinnya hingga 14 persen. Tepung ini penuh gizi dan energi. Cocok untuk yang berdiet dan menjalani pola hidup vegan.


Tepung Gluten - Alternatif Pengganti Tepung Gandum ddan Tepung Terigu


Tepung gluten juga bagus dikonsumsi untuk penderita diabetes. Tekstur tepung gluten lembut, tebal dan kenyal. Cocok untuk roti, kue, mie dan beragam camilan.


Resources:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25059059
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3257612/

Load comments